Laman

Syarat Minimal Mempelajari Bahasa Arab

Posted on | By Ryper | In ,

Untuk mempelajari Bahasa Arab, syarat minimal yang harus dimiliki oleh seseorang yg ingin belajar Bahasa Arab adalah "HARUS LULUS IQRO" terlebih dahulu.

Karena tidak mungkin seseorang bisa belajar Bahasa Arab, tanpa mengetahui huruf-hurufnya dan cara membacanya.

Mengandalkan tulisan latin pun tidak akan membantu seseorang bisa belajar Bahasa Arab dengan baik, sebelum ia bisa membacanya dengan benar.



Logikanya, "Membaca tulisan yang "gondrong" (diberi harakat) saja tidak bisa, apalagi membaca yang sudah "digunduli" (tanpa harakat)?" *Kitab-kitab berbahasa arab umumnya tidak berharakat, atau biasa disebut "KITAB GUNDUL"

Sebagai nasehat, janganlah malu untuk belajar, walaupun dalam perkara yang kecil. Mungkin kita merasa malu untuk belajar karena kita sudah tua misalnya. Namun, janganlah masalah umur justru menghalangi kita dari kebaikan. Apalagi mempelajari Bahasa Arab adalah wajib, sebagaimana wajibnya kita mempelajari Al-Qur'an

Dan berdasarkan pengalaman, justru pada zaman sekarang, di waktu Bahasa Arab sudah mulai populer di Indonesia, banyak sekali Bapak-bapak, Ibu-Ibu bahkan Kakek Nenek berbondong-bondong ingin mempelajari Bahasa Arab. Dan mereka tidak ada rasa malu sedikitpun, yang justru semangat mereka malah melebihi semangat peserta yang mudanya.

Karenanya, jangan merasa terlambat untuk mempelajari Bahasa Arab, karena itu adalah bekal kita untuk bisa memahami Agama dan memahami Rob, sang pencipta kita.

Semangat!! ^^

Comments (0)

Posting Komentar