Laman

Shorof 1 : Pengertian dan pembagian shorof/tashrif

Posted on | By Ryper | In

Pengertian shorof/tashrif
Shorof menurut bahasa adalah berubah atau mengubah. Mengubah dari bentuk aslinya kepada bentuk yang lain. Misalnya merubaah bentuk bangunan rumah kuno menjadi bentuk bangunan rumah yang modern.

Adapun menurut istilah, shorof adalah berubahnya bentuk asal pertama yang berupa fi’il madhi, menjadi fi’l mudhori, menjadi mashdar, isim fa’il, isim maf’ul, fi’il amr, fi’il nahi, isim jaman, isim makan sampai isim alat.

Maksud dan tujuan dari perubahan ini adalah agar memperoleh makna atau arti yang berbeda. Dari perubahan satu bentuk ke bentuk lainnya di dalam ilmu shorof dinamakaan shighot.

Dari hal ini, ilmu yang mempelajari berbagaii macam bentuk perubahan kata, asal usul kata atau keadaannya dinamakan dengan ILMU SHOROF.

Perbedaan yang mendasar antara shorof dan nahwu secara gampangannya adalah klo shorof untuk membaca kitab atau tulisan yang gundul, sedangkan nahwu untuk mengetahui makna dari kitab gundul tersebut. Sehingga antara nahwu dan shorof tidak boleh dipisahkan dalam penggunaannya.

Pembagian tashrif
Dalam ilmu shorof, para ulama telah membagi tashrif ini menjadi dua macam, yaitu TASHRIF LUGHOWI dan TASHRIF ISTILAHI.

  • Tashrif lughowi adalah tashrifan untuk mengetahui pelaku dari fi’il tersebut yang berdasarkan dhomir.Contoh dari tashrif ini adalah apa yang telah kita bahas dalam pembahasan fi’il, dimana kita sebutkan tashrif dari fi’il madhi, fi’il mudhori dan amr.
  • Tashrif istilahi adalah tashrifan yang digunakan untuk mengetahui bentuk shighot dari suatu kata, dari fi’il madhi sampai dengan isim alat.
          Perhatikan gambar tashrif istilahi berikut.

Photobucket

Gambar di atas merupakan salah satu dari 22 bentuk perubahan dari tashrif istilahi yang akan kita paparkan secara bertahap.
Adapun penjelasan mengenai maksud tiap-tiap jenis dari gambar di atas pada pelajaran selanjutnya.

Comments (13)

assalaamu'alaikum

boleh ambil ilmunya mas?? saya copas ya? moga manfaat. Syukron.

postingnya bgs bro.....salam kenal n' met berkunjung balek

jadi ingat jaman dulu....
salam kenal

jazaa kumulloh khoiron katsiiro

boleh aku copy mas,aku lagi perlu ni,,,,MAKASIH,,,,,,

assalamualaikum............aku ikut ambil ilmunya eaaaaa

assalamualaikum wr wb,

Terimakasih anda telah memposting ilmu ini dan saya sangat membutuhkan ilmu ini maka dengan ini saya mohon izin untuk meng copas nya untuk saya pelajari...Semoga Alloh membalas semua kebaikan anda yang dengan sukarela telah membagi ilmunya..

alhmdulilah...ada manfa'atnya juga mampir kesini...thanks ya sob ats ilmu'y..

terimaksih, smga mnmbhkan ilmu saya,,,

IJIN COPAS YA MAS...MOGA BERMANFAAT. AAMIIN

sy ijin copas y!, bermanfaat sekali

Mohon share ilmunya ye. Syukran

Ijin copast, syukron katsir ilmunya

Posting Komentar